Tugas 4 Manajemen Proyek Perangkat Lunak B 2022

Nama: Frederick Wijayadi Susilo
NRP: 5025201111
Kelas: Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL) - B

Membuat Resume KAK

    Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Kerangka Acuan Kerja (KAK) yaitu dokumen yang memuat gambaran umum dan penjelasan mengenai kegiatan proyek yang akan dilakukan. KAK berisi  berisi uraian tentang latar belakang, tujuan, ruang lingkup, masukan yang dibutuhkan, dan hasil yang diharapkan dari suatu kegiatan.


    Disini, saya menggunakan contoh KAK berjudul KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) PEMBUATAN APLIKASI CITIZEN COMPLAINT ONLINE. Dari KAK tersebut, diperoleh informasi yang terangkum sebagai berikut.
  • What: 
         KAK ini berisi mengenai proyek Pembuatan Aplikasi Citizen Complaint Online yaitu aplikasi untuk menampung aspirasi masyarakat yang berupa complaint baik terhadap akses pelayanan maupun sarana dan prasarana publik. Proyek ini akan memiliki output berupa perangkat lunak yaitu website aplikasi.
  • Why:
         Arah kebijakan yang tidak tepat sasaran akibat minimnya inputan yang didapatkan oleh Pemerintah Daerah dari masyarakat mengenai layanan yang belum mendukung mengakibatkan lambatnya pembangunan di daerah.  Hal ini tentunya dapat teratasi jika terdapat sebuah inovasi baru yang dapat menampung keluh kesah masyarakat secara online mengingat cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang membuat masyarakat kini sudah menggunakan teknologi untuk membantu aktivitas sehari-hari. Dengan terjadinya masalah tersebut, aplikasi Citizent Complaint Online dapat menjadi solusinya dengan mengakomodir aspirasi masyarakat terhadap akses pelayanan maupun sarana dan prasara publik. Dengan terciptanya aplikasi ini, diharapkan Pemerintah Daerah dapat memperoleh data secara tepat, cepat dan lebih efisien waktu, tenaga dan biaya guna mengoptimalkan fungsi kontrol masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah serta menyediakan sarana komunikasi antara masyarakat dan penyelenggara pemerintahan.
  • Who:
         Adapun penanggung jawab dari proyek ini yaitu Drs. Khalimi selaku pejabat pembuat komitmen beserta tim teknis aplikasi yaitu:
  1. Ketua Tim (Team Leader) yang bertugas memimpin tim, bertanggung jawab atas koordinasi tim serta integrator sistem meliputi aplikasi dan jaringan komputer.
  2. Tenaga Ahli Sistem Analis yang bertugas sebagai perancang desain input, desain proses serta desain output dan rancangan database.
  3. Tenaga Ahli Database Designer yang bertugas sebagai perancang database sistem.
  4. Tenaga Ahli Programmer/Application Development yang bertugas sebagai penerjemah rancangan kedalam script/ coding bahasa pemrograman.
  5. Tenaga IT support (Tester) yang bertugas untuk melakukan pengujian sistem.
  • When:
         Adapun jadwal pelaksanaan dari proyek ini dimulai dari minggu ke-2 bulan Juni 2017 hingga minggu ke-2 bulan September 2017 yang berarti berdurasi 3 bulan dengan rincian sebagai berikut:
  • Where:
         Untuk tempat pelaksaan, tidak ada keterangan pasti pada KAK-nya sendiri sehingga dapat saja dilakukan offline maupun online, sedangkan untuk tempat penyerahan hasil Pembuatan Aplikasi Citizen Complaint adalah di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang.
  • How:
         Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proyek ini yaitu sebagai beirkut: 
  1. Persiapan: Segala sesuatunya menyangkut kelancaran pekerjaan palaksanaan harus telah disiapkan di lokasi sebelum melaksanakan pekerjaan mulai dari jadwal terperinci, time schedule, mobilisasi peralatan dan tenaga kerja, serta kelengkapan administrasi lapangan harus disiapkan sebelum memulai pekerjaan.
  2. Analisis Kebutuhan Sistem (Requirement Analysis): Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan informasi terkait dengan sistem aplikasi yang akan dibangun.
  3. Perancangan Aplikasi (Design): Membuat desain aliran kerja manajemen dan desain pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi Citizen Complaint Online.
  4. Pembuatan/Pengembangan Aplikasi (Coding): Tahap pengembangan sistem informasi dengan menulis program yang diperlukan dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP.
  5. Pengujian Aplikasi: Melakukan pengujian terhadap system yang telah dibuat, sebelum diimplementasikan.
  6. Implementasi dan Pemeliharaan Sistem: Menyiapkan production, melakukan dokumentasi system agar mudah dalam perawatan dan mengkonversi system.
  7. Instalasi Aplikasi: Melakukan pamasangan aplikasi  dan diuji apakah berjalan dengan baik apa tidak.
  8. Pelatihan dan Pendampingan Operator Komputer:  Pelatihan bertujuan agar dalam penggunaan komputer dan aplikasi akuntasi tidak menghadapi hambatan kemudian hari dan meminimalisir resiko.
  • How much: 
        Biaya yang diperlukan proyek Pembuatan Aplikasi Citizent Complaint Online ini sejumlah Rp 38.500.000 yang dilansir dari Ringkasan APBD 2017 BPKAD dimulai dari tahap persiapan hingga pelatihan yang dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI TENGAH SEMESTER MPPL B 2022

EVALUASI AKHIR SEMESTER MPPL B 2022

Tugas 6 Manajemen Proyek Perangkat Lunak B 2022